Ragam Budaya Indonesia Yang Menarik dan Menjadi Sorotan Dunia

Ragam Budaya Indonesia Yang Menarik dan Menjadi Sorotan Dunia

Berita Terbaru – Negara Indonesia memang memiliki berbagai macam daya tarik unik dan menarik untuk diketahui. Kawasan yang membentang dari Sabang hingga Marauke menjadikannya sebagai keanekaragaman budaya Indonesia yang luar biasa. Keberagaman inilah yang mencetuskan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda namun tetap satu. Meski memiliki beragam suku, budaya, agama dan golongan, Indonesia tetaplah satu kesatuan. Motto yang berasal dari bahasa Jawa Kuna tersebut menegaskan bahwa keberagaman yang ada di negara kita sebenarnya adalah kekayaan dan keindahan bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Ragam Budaya Indonesia Yang Menarik dan Menjadi Sorotan Dunia

  1. Rumah Adat

Rumah adat dibangun dengan bentuk dan cara yang sama dari generasi ke generasi tanpa mengalami atau sedikit perubahan. Masih ada sebagian masyarakat yang tinggal di rumah adat tradisional, namun ada pula yang digunakan untuk upacara adat. Rumah adat merupakan cerminan budaya yang terbentuk dari tradisi dalam masyarakat, seperti adaptasi atau cara hidup, ilmu ekonomi, dan agama. Di Indonesia setiap daerah memiliki rumah adat yang berbeda-beda menurut daerah dan suku. Contohnya saja seperti rumah gadang di Sumatera Barat, rumah joglo khas Jawa Tengah, rumah panjang khas masyarakat Kalimantan Barat, dan masih banyak lagi.

  1. Upacara Adat

Upacara adat merupakan tradisi yang dianggap memiliki nilai bagi masyarakat sekitar. Selain sebagai cara manusia berhubungan dengan nenek moyang dan Sang Pencipta, upacara adat juga merupakan wujud manusia untuk menyesuaikan diri dengan alam dan lingkungannya dalam arti yang luas. Misalnya upacara ruwatan dalam tradisi Jawa untuk menyucikan seseorang dari kesialan. Upacara Sekaten oleh masyarakat Yogyakarta dilakukan untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad. Kemudian upacara ngaben di Bali dengan mengkremasi jenazah, dan upacara pembakaran batu di papua yang bertujuan untuk mengucap syukur, bersilaturahmi, atau menyambut tamu penting.

  1. Pakaian Adat

Keragaman budaya Indonesia selanjutnya adalah pakaian adat. Pakaian adat atau tradisional berfungsi untuk mengekspresikan jati diri. Ada baju adat yang digunakan untuk acara sehari-hari maupun untuk upacara adat. Misalnya baju bodo khas suku Bugis dan Makassar, ulos dari Sumatera Utara, pakaian adat Betawi khas DKI Jakarta, kebaya jawa dengan garis batik khas Jawa Tengah, baju adat raja baba, dan bibinge raja dari Kalimantan Barat.

  1. Tarian tradisional

Setiap daerah memiliki tarian tradisionalnya masing-masing dengan sebutan yang berbeda. Ada tarian penyambutan tamu agung, penyambutan panen raya, upacara pemakaman, upacara keagamaan, dan lain sebagainya. Misalnya tari Saman dari daerah Aceh, tari Kecak dan pendet dari Bali, tari jaipong dari Jawa Barat, tari reog Ponorogo dari Jawa Timur, tari topeng Betawi dari Jakarta, tari piring dari Sumatera Barat, maengket. tari dari Sulawesi Utara, dan sebagainya.

  1. Alat Musik dan Lagu Tradisional

Disebut lagu tradisional karena lagu tersebut berasal dari suatu daerah di wilayah tertentu. Lagu daerah ini hampir sama dengan lagu kebangsaan bedanya hanya bersifat daerah dengan menggunakan lirik berbahasa daerahnya masing-masing. Lagu-lagu tradisional umumnya menceritakan nilai kehidupan masyarakat dan memiliki makna yang dalam. Contoh lagu tradisional yang terkenal di Indonesia adalah Rasa Sayange dari Maluku, Gundul-gundul Pacul dan Bapak Pucung dari Jawa Tengah, Bungong Jeumpa dari Aceh, Ayam Den Lapeh dari Sumatera Barat, Anging Mammiri dari Sulawesi Selatan. Indonesia juga memiliki alat musik tradisional khas daerah masing-masing, seperti angklung, bedug, calung, gamelan, kolintang, tifa, rebana, saluang, sasando, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *